Friday, December 16, 2016

Pengertian & Definisi Juru Kampanye

Pada artikel kita kali ini aka membahas tentang pengertian Juru Kampanye (Komunikator). Apa itu Juru Kampanye?  Dari berbagai kajian komunikasi, juru kampanye merupakan komunikator atau pemberi pesan politik utama kepada khalayak. Juru kampanye harus memahami bagaimana penyusunan pesan, memilih media komunikasi yang tepat, serta strategi mendekati khalayak yang sesuai target sasaran.

Sebagai pelaku utama dalam aktivitas komunikasi, juru kampanye memegang perana yang sangat penting. Untuk itu seorang komunikator harus terampil dala berkomunikasi, kaya akan ide-ide kreatif, serta inovatif. Setidaknya ada tiga syarat yang harus dimiliki oleh seorang juru kampanye, diantaranya :
  1. Tingkat kepercayaan orang lain kepada dirinya (kredibilitas)
  2. Daya tarik (attractive)
  3. Kekuatan (power)

Kredibiitas adalah seperangkat persepsi tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki juru kampanye sehina bisa diterima oleh masyarakat pemilih. Josep Gobbel (Menteri Propaganda Hitler dalam Perang Dunia II) menyatakan bahwa untuk menjadi seorang juru kampanye yang andal dan efektif, ia harus memliki kredibilitas yang tinggi di mata pendengar.  Sementara Aristoteles menyebutkan bahw kredibilitas seorang juru kampanye dapat dilihat dari kapasitas dirinya yang memiliki ethos (ucapannya dapat dipercaya), pathos ( kekuasaan mengendalikan emosi pendengarnya), dan logos ( kekuatan argumentasinya).

Pengertian dan Definisi Juru Kampanye Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa uraian pengertian juru kampanye dari beberapa ahli, diantaranya :
  1. James McCroskey (1966) mengemukakan bahwa juru kampanye adalah komunikator yang memiliki kredibilitas yang ia peroleh dari kompetensi, sikap, tujuan, kepribadian, dan dinamika.
  2. Sementara pendapat lainnya dikemukakan oleh Berlo (1963) yang merupakan seorang pakar komunikasi mengemukakan bahwa juru kampanye adalah komunikator yang harus memiliki keterampilan berkomunikasi, pengetahuan yang luas tentang materi yang disampaikan, sikap jujur dan bersahabat serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial masyarakat yang ada dihadapannya.

Itulah pengertian dan definisi juru kampanye yang bisa kami sampaikan, uraian di atas merupakan rangkuman dari beberapa definisi pengertian para ahli dan pakar komunikasi / politik tentang juru kampanye (komunikator).

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon