Thursday, February 2, 2017

Pengertian & Sejarah Globalisasi

Apa itu Globalisasi? Istilah "globalisasi" pertama kali muncul di tahun 1986 dalam buku Oxford English Dictionary, yang mana istilah populer yang digunakan adalah "globalization" yang artiya peningkatan kapital, bantuan teknologi elektronik dan digital, menghancurkan tradisi lokal, dan menciptakan homogen sebagai budaya dunia. 

Salah satu tokoh dunia yakni James Cavanagh dalam bukunya Global Dreams tahun 1996 mengartikan globalisasi dengan global image, global market, global finance, global workforce, kemudian ditambah dengan global human rights dan global ecology. Secara umum globalisasi sering dikaitkan dengan berkurangnya peran negara serta hilangnya batas - batas negara berkat kemajuan teknologi dan komunikasi. 

Searches related to globalisasi dampak globalisasi ciri ciri globalisasi contoh globalisasi makalah globalisasi pengertian globalisasi menurut para ahli pengertian globalisasi secara umum pengertian globalisasi dan dampaknya proses globalisasi

Sejarah Globalisasi 

Beberapa sejarawan dunia menyebut globalisasi sebagai fenomena akhir abad ke-20 yang dihubungkan dengan bangkitnya ekonomi internasional. Padahal jika ditelusuri lebih jauh benih globalisasi sebenarnya telah tumbuh ketika manusia mulai mengenal perdagangan antar negeri sekitar tahun 1000 dan 1500 Masehi. Saat itu, para pedagang dari Cina dan India mulai menelusuri negeri lain, baik melalui jalan darat maupun jalan laut untuk berdagang. Fase selanjutnya ditandai dengan dminasi perdagangan kaum muslim di Asia dan Afrika. Disamping membentuk jaringan dagang, para pedagang muslim juga menyebarkan nilai - nilai ajaran agama islam, nama - nama, abjad, arsitektur, nilai sosial, dan budaya arab ke warga dunia. 

Macam - Macam Globalisasi 

Secara umum globalisasi dapat dikelompokan menjadi empat macam, berikut ini diantaranya : 

1. Globalisasi Informasi 

Globalisasi informasi ditandai dengan hilangnya sekat - sekat batas antar negara dengan tumbuhnya perkembangan teknologi digital sebagai media pertukaran informasi. Salah satunya adalah jaringan internet, dimana memungkinkan orang-orang di berbagai negara bisa berkomunikasi dalam mengirim pesan, menerima pesan dan atau informasi. Manfaatnya jelas dari segi kecepatan distribusi informasi bisa langsung diterima dalam waktu singkat. 

2. Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi merupakan suatu proses kegiatan eknomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi. Demikian juga berkaitan antara ekonomi nasional dan perekonomian internasional semakin erat karena batas teritorial negara menjadi kabur. Membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Akan tetapi globalisasi ekonomi ini bisa berpengaruh sangat besar ke dalam stabilitas ekonomi nasional suatu negara, dikarenakan hukum ekonomi semua dikendalikan oleh pasar dan peran pemerintah hampir tidak ada di dalamnya dalam mengatur perekonomian. 

3. Globalisasi Migrasi 

Globalisasi migrasi ditandai dengan kemudahan akses warga negara asing memasuki negara. Baik untuk mengenyam pendidikan, bekerja, dan berinvestasi. 

4. Globalisasi Kebudayaan

Globalisasi mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan yang ada di masyarakat, termasuk aspek budaya. Jadi globalisasi merupakan transformasi sosial budaya dengan luang lingkup global yang bisa mendorong terjadinya perubahan pada lembaga, pranata, dan nilai-nilai sosial budaya. Globalisasi dapat pula mengubah perilaku, gaya hidup, dan struktur masyarakat menuju ke arah kesamaan global, menembus batas-batas etnik, agama, daerah, wilayah bahkan negara. 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon