Monday, March 13, 2017

Tim Sukses Pemasaran Politik

Sebuah kegiatan pemasaran politik sebisa mungkin diawali dengan proses pembentukan tim kerja yang biasa disebut tim pemenangan atau tim sukses. Tim sukses biasanya direkrut dari tenaga-tenaga potensial sesuai tugas dan fungsinya, ataupun gabungan dari beberapa partai politik. Sebuah tim sukses biasanya terdiri dari: 

1. Penasihat

Penasihat berfungsi memberi masukan dalam hal strategi dan langkah-langkah yang perlu diambil oleh partai politik atau calon dalam mencapai tujuan, seperti memenangkan pemilu dan merangkul pihak-pihak yang menentukan dalam pemberian suara.  Para penasihat yang ditunjuk pada umumnya memiliki kematangan dan pengalaman sebagai politisi, dan mengikuti perkembangan dengan melihat dimensi-dimensi strategis yang tidak dilihat oleh orang lain. 


2. Tim Ahli

Tim Ahli adalah kelompok ahli yang diangkat menurut bidangnya. Biasanya tugas tim ahli adalah menyusun program yang akan dibawakan oleh calon, memberi substansi atau tema terhadap isi pidato yang akan dibawakan, dan memback-up  calon jika ada pertanyaan yang menyangkut bidang keahliannya. Tim ahli biasanya terdiri atas para ahli di bidang politik, ekonomi, keuangan, komunikasi, pertahanan dan kemanan, sosial budaya, kebijakan dan kerjasama luar negeri. 


3. Tim Riset dan Litbang

Tim riset dan litbang ialah kelompok para peneliti yang bertugas untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan partai, misalnya persepsi masyarakat terhadap citra partai, pendapat masyarakat terhadap kapabilitas calon yang diusung, peta politik pemilih, dan juga melakukan pelatihan-pelatihan untuk para kader dalam bidang-bidang yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja partai. 



Bagi yang ingin maju dalam pencalonan jabatan publik, seperti anggota legislatif, presiden, gubernur, bupati/walikota tidak hanya memerlukan banyak waktu, energi dan pendukung, tetapi juga memerlukan dana yang tidak kecil untuk mempromosikan diri, kebijakan dan pikiran-pikirannya. Oleh karena itu, seorang calon atau kandidat memerlukan tim pengumpul dana (fund rising) yang mengetahui sumber-sumber dana yang mereka bisa manfaatkan. Biasanya tim pengumpul dana memiliki hubugan baik dengan para pengusaha. 


5. Tim Kampanye

Tim Kampanye ialah mereka yang merencanakan dan menggerakan kampanye untuk memasarkan calon yang diajukan partai. Untuk menggerakkan kampanye, seharusnya ditunjuk seorang manajer kampanye yang memiliki keahlian dalam bidang perencanaan dan strategi komunikasi atau yang memeiliki pengetahuan di bidang politik dan sekaligus juga memiliki pengalaman dan hubungan baik denga media. Seorang manajer kampanye adalah orang yang bukan dicalonkan, melainkan mengkoordinasikan semua langkah dan strategi komunikasi untuk memenangkan calon atau partai politik yang diusung. 

Itulah bahasan kita tentang pengertian tim sukses pemasaran politik beserta susunan struktur tim sukses serta fungsinya. Semoga bermanfaat. 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon