Thursday, October 13, 2016

Pengertian Media Sosial & Jejaring Sosial beserta Perbedaannya

\\Pengertian & Perbedaan Media Sosial (Social Media) dan Jejaring Sosial (Social Networking)

Teori Politik - Haloha, kali ini admin masih membahas tentang sub tema Komunikasi Politik, tepatnya kita akan berbicara tentang media sosial. Tak dapat dipungkiri, sekarang ini media sosial bisa berperan penting dalam politik, kita contohkan saja beberapa orang bisa terkenal hanya dengan media sosial, karir politiknya pun begitu cepat melejit karena pencitraan di media sosial yang begitu massif. Contoh yang paling nyata adalah Jokowi, dan akhir-akhir ini Walikota Bandung Ridwan Kamil yang sangat eksis di media sosial. 

Namun, Banyak dari kita yang masih bingung tentang pengertian dan perbedaan antara Media Sosial (Social Media) dan Jejaring Sosial (Social Networking).

Sekilas tidak ada perbedaan antara keduanya. Bisa jadi selama ini kita menyamakan pengertian media sosial dan jejaring sosial. Tidak salah karena kedua media sama-sama forum atau wadah untuk berbagi konten (teks, audio, video, foto) serta membangun pertemanan dan jaringan secara online.

Pengertian Media Sosial & Jejaring Sosial beserta Perbedaannya



Pengertian Media Sosial
Media Sosial (Social Media) adalah adalah situs web yang berfungsi sebagai forum online atau sarana interaksi sosial, pergaulan, pertemanan, serta sebagai sarana berbagi atau bertukar infomasi, saling komentar, dan sebagainya.


Termasuk media sosial adalah Blog, Facebook, Twitter, Youtube, LinkedIn, Flickr.


Pengertian Jejaring Sosial
Jejaring Sosial (Social Networking) adalah bagian dari media sosial, yaitu pemanfaatan media sosial untuk membangun jaringan pertemanan, jaringan bisnis, jaringan pergerakan, bahkan bisa membangun jaringan untuk menggelar aksi demonstrasi besar-besaran.


Media sosial itu sebuah kendaraan mobil (benda). Jejaring sosial adalah mengendarai mobil itu (aksi/pemanfaatan).

Ada juga yang membedakan media sosial dan jejaring sosial dari sisi konten dan interaksi. Jika hanya berbagi konten, maka disebut media sosial. Jika untuk berinteraksi, maka disebut jejaring sosial.

Seperti dilansir Huffington Post, yang dimaksud dengan media sosial adalah media berbagi konten, seperti video, podcast, slideshow, dan lainnya. Contoh media sosial adalah YouTube tempat para pengguna mengunggah konten video.

Facebook dan Twitter dapat disebut sebagai jejaring sosial sekaligus media sosial. Karena keduanya memungkinkan para pengguna mengunggah konten (media sosial) dan merupakan wadah untuk berinteraksi dengan orang lain, dengan adanya aplikasi chatting, message, dan lainnya.

Pengertian Menurut Kamus
Merriam-Webster mendefinisikan sosial media dan jejaring sosial sebagai berikut:
  • Social Media: forms of electronic communication (as Web sites for social networking and microblogging) through which users create online communities to share information, ideas, personal messages, and other content (as videos).
  • Social Networking: the creation and maintenance of personal and business relationships especially online

Kesimpulan
Dari uraian ringkas di atas, dapat disimpulkan, media sosial adalah media tempat berbagi konten secara online dan tempat membangun jaringan pertemanan dan bisnis.

Dengan demikian, pengertian media sosial sudah termasuk jejaring sosial. Jejaring sosial merupakan bagian dari media sosial.

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon