Saturday, November 19, 2016

Unsur - Unsur Komunikasi

Teori Politik – setelah sebelumnya kita belajar tentang pengertian dan definisi komunikasi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang unsur – unsur komunikasi, sebagaimana kita ketahui bahwa komunikasi tidak dapat berdiri sendiri karena melipatkan interaksi dua belah pihak yakni pemberi informasi dan penerima informasi, maka komunikasi memiliki unsur-unsur pendukungnya, meliputi; sumber, pesan, media, penerima, pengaruh, umpan balik dan lingkungan.



Sumber

Semua peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi.  Dalam komuniasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya organisasi, partai politik, lembaga atau Negara. Sumber sering disebut juga sebagai pengirim, komunikator atau dalam bahasa lain dikenal dengan sebutan source, sender dan econder.

Pesan

Pesan dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasihat atau propaganda. Dalam bahasa lain pesan biasanya diterjemahkan dengan kata massage, content, atau information.

Media

Media adalah alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Media komunikasi ada yang berbentuk saluran antar pribadi, media kelompok, dan ada pula dalam bentuk media massa. Istilah media banyak digunakan dengan sebutan berbeda seperti salura, alat, arena, sarana. Bentuk – bentuk media beragam, seperti surat kabar, majalah, tabloid, buku (media cetak), film, radio, televisi, internet (media elektronik) dan lainnya.

Penerima

Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri dari satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk organisasi, instansi, departemen, partai atau Negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran, komunikan, konsumen, klien, target, atau dalam bahasa lain disebut dengan audience.

Pengaruh

Pengaruh adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini bisa terjadi pada pengetahuan, sikap, dan tingkah laku seseorang. Oleh karena itu, pengaruh bisa juga diartikan perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, sikap dan tindakan seseorang sebagai akibat penerimaan pesan. Pengaruh ini juga biasa disebut sebagai dampak, akibat atau effect.

Umpan Balik (Feedback)

Ada yang beranggapan bahwa umpan balik sebenarnya merupakan salah satu bentuk pengaruh yang berasal dari penerima. Akan tetapi, karena pengaruh tidak selamanya berbalik kepada penerima, umpan balik dapat dibedakan dengan pengaruh.

Lingkungan (Environment)

Lingkungan adalah factor lain yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi. Faktor ini dapat digolongkan dalam empat macam yakni; lingkungan fisik, lingkungan social budaya, lingkungan psikologi, dan dimensi waktu.


Itulah bahasan kita kali ini tentang Unsur – unsur komunikasi. Semoga bermanfaat, mari terus belajar ilmu politik, karena politik itu seru dan dinamis. 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon