Thursday, November 12, 2015

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Sebagai makhluk sosial manusia tidak akan terlepas dari interaksi sosial sesama manusia ataupun kelompok. Hubungan tersebut membuat pola komunikasi yang kontinyu diantara manusia, kita ketahui bahwa komunikasi ditandai dengan penggunaan simbol, isyarat, gerak tubuh/mimik, hingga bahasa, itu tidak terlepas dari kebutuhan manusia untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan yang lainnya, dikarenakan manusia tidak mampu memenuhi kebutuhan dan tujuannya seorang diri. 

Dalam pemenuhan hasrat atau kebutuhannya, manusia memiliki cara agar mampu meraihnya. Karena manusia membutuhkan manusia lainnya untuk meraih tujuannya, maka pola komunikasi yang terjalin sebenarnya bisa dilihat sebagai proses transaksi jual beli, terdapat pola permintaan dan penawaran. 

Maka, pola komunikasi seperti itu tidak menutup adanya proses negosiasi untuk mencapai kesepakatan bersama guna kedua belah pihak mendapatkan apa yang diinginkan. Berikut ini saya sampaikan beberapa pengertian negosiasi menurut para ahli. 

Adapun pengertian negosiasi menurut para ahli diantaranya:


Negosiasi dapat didefinisikan sebagai proses penyusunan bersama program pengadaan dan penjualan untuk tujua mencapai suatu perjanjian yang saling menguntungkan (Heinritz & Farrekk). 

Alan Fowler mendefinisikan negosiasi sebagai proses interaksi dengan mana dua pihak atau lebih yang perlu terlibat secara bersama dalam sebuah hasil akhir tetapi yang pada awalnya mempunyai sasaran yang berbeda, berusaha dengan menggunakan argumen dan persuasi , menyudahi perbedaan mereka untuk mencapai jalan keluar yang dapat mereka terima bersama. 

Sementara pendapat lainnya menyatakan bahwa Negosiasi adalah suatu metode untuk mencapai perjanjian dengan unsur - unsur koperatif maupun kompetitif (Alan N Schoommaker). 

Dari beberapa definisi diatas penulis menyimpulkan bahwa sebagai makhluk sosial kita semua akan melakukan negosiasi karena negosiasi secara sederhana adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan apa yang kita kehendaki. Kita bernegosiasi untuk menyelesaikan perbedaan kita dan kita bernegosiasi karena kepentingan diri untuk memuaskan kebutuhan kita. 

Penulis: Yoghi Kurniawan Prathama, S.IP. 

Daftar Bacaan:
Alan N. Schoomaker. 1989. Negotiate to win prentice hall. New Jersey. Englewood Cliffs. 

Manapa, J.Arthur. 1999. Negosiasi. Jakarta. Lembaga Administrasi Negara
Baca Juga : 16 Kunci Keberhasilan Negosiasi

2 comments

Negosiasi sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari2. biasanya kita dalam jualbeli, kita nego harganya supaya yang jual untung, dan kita pun puas.. tanpa negosiasi. kita bisanya akan berdapak pada akhir yang tiadak seperti yang kita inginkan,,

betul sekali gan, meredam ego kedua belah pihak akan lebih cepat menemukan kata sepakat

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon