Thursday, November 12, 2015

Faktor - Faktor Perumusan Kebijakan Publik

Sebagai sebuah proses politik, perumusan kebijakan publik sangat rentan dengan intervensi dari luar lingkungan. Kondisi sosial politik lokal maupun global bisa saja mempengaruhi proses politik yang sedang terjadi dalam perumusan suatu kebijakan. Maka dari itu, berikut ini saya sampaikan faktor- faktor yang dapat mempengaruhi dalam perumusan kebijakan publik, diantaranya:


Faktor Politik
Faktor politik ini perlu dipertimbangkan dalam perumusan suatu kebijakan, karena dalam perumusan suatu kebijakan perlu dukungan dari berbagai aktor politik, baik dari pemerintah (Presiden, Menteri, Kepala BUMN, dll) maupun dari kalangan non-pemerintah seperti pengusaha, kelompok kepentingan, asosiasi profesi, akademisi, media massa dan lainnya. 

Faktor Ekonomi 
Faktor ekonomi pun perlu dipertimbangkan, terutama apabila kebijakan yang akan dibuat akan menggunakan dana yang cukup besar atau akan berpengaruh pada situasi ekonomi dalam negara. 

Faktor Administrasi
Dalam perumusan kebijakan publik perlu pula dipertimbangkan faktor administrasi, yaitu apakah dalam pelaksanaan kebijakan itu benar-benar akan didukung oleh kemampuan administratif yang memadai, atau apakah sudah ada organisasi yang akan melaksanakan kebijakan  tersebut. 

Faktor Teknologi
Dalam perumusan kebijakan pun perlu mempertimbangkan faktor teknologi, yaitu apakah teknologi yang ada dapat mendukung saat suatu kebijakan diimplementasikan. 

Faktor Sosial, budaya, dan agama
Faktor sosial, budaya, dan agama pun perlu dipertimbangkan, misalnya apakah kebijakan yang dibuat tidak akan menimbulkan benturan sosial, pertentangan antar agama ataupun etnis, yang lebih kita kenal dengan konflik SARA. 

Faktor Pertahanan dan Keamanan
Faktor Hankam ini pun akan berpengaruh terhadap proses perumusan kebijakan publik, misalnya apakah kebijakan yang akan dikeluarkan ini tidak akan menggangu stabilitas keamanan suatu negara.

Faktor - faktor tersebut harus menjadi pertimbangan dalam menentukan kelayakan dari suatu kebijakan publik yang akan dibuat, serta menjadi pertimbangan dalam mencari alternatif - alternatif kebijakan yang populis. 

Penulis: Yoghi Kurniawan Prathama, S.IP. 

Daftar Bacaan:
Dunn, William. 1994. Public Policy Analysis : an Introduction. Englewood Cliff, N.J. : 
           Prentice-Hall, Inc. 
Soetopo, Drs. 1999. Kebijakan Publik dan Implementasi. Jakarta. Lembaga Administrasi Negara. 
Baca Juga : Pengertian Kebijakan Publik

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon