Friday, November 18, 2016

Definisi & Pengertian Komunikasi - Lengkap Menurut Para Ahli

Teori Politik - Terminologi Komunikasi berasal dari bahasa latin, yakni Communico yang artinya membagi, dan Communis yang berarti membangun kebersamaan antara dua atau lebih. Sebagai ilmu yang multidisiplin, definisi komunikasi telah banyak dibuat oleh para pakar dari berbagai disiplin ilmu. Ada definisi komunikasi yang dibuat menurut perspektif sosiologi, budaya, engineering, ekonomi dan ada pula dari perspektif ilmu politik. Meski definisi dan pengertian yang dibuat para pakar memiliki sudut pandang yang berbeda satu dengan yang lainnya, pada dasarnya definisi tersebut tidak terlepas dari substansi komunikasi itu sendiri. 

Definisi & Pengertian Komunikasi - Lengkap Menurut Para Ahli

Aristoteles dalam bukunya Rethoric mendefinisikan komunikasi dengan menekankan "siapa mengatakan apa kepada siapa". Definisi yang dibuat aristoteles ini sangat sederhana, tetapi ia telah mengilhami seorang ahli ilmu politik yakni Harold Lasswell yang mencoba membuat definisi komunikasi yang lebih sempurna dengan menanyakan "SIAPA mengatakan APA , MELALUI apa, KEPADA siapa, dan apa AKIBATNYA". 

Pengertian Komunikasi lainnya dikemukakan oleh Hovland, Janis dan Kelly yang menyebutkan bahwa komunikasi adalah suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungan - lingkungannya dengan :

  1. Membangun hubungan antar sesama manusia;
  2. Melalui pertukaran informasi;
  3. Untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain; serta
  4. Berusaha mengubah sikap dan tingkah laku itu 
Sementara Steven mengemukakan sebuah definisi yang lebih luas yakni komunikasi terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimulan, apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya Misalnya seorang berlindung pada suatu tempat karena diserang badai, atau kedipan mata seseorang sebagai reaksi terhadap sinar lampu juga merupakan peristiwa komunikasi. 

Itulah Pengertian & Definisi Komunikasi yang saya rangkum. Jangan lupa baca bahasan selanjutnya tentang "Unsur - Unsur Komunikasi". Terimakasih 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon