Saturday, November 19, 2016

Pengertian Totalitarianisme & Ciri-Cirinya | Apa itu Negara Totaliter?

Teori Politik - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ideologi - ideologi yang ada di dunia dan dianut oleh beberapa negara. Seperti kita ketahui, sebuah faham atau ideologi yang dianut suatu negara, akan berdampak pada bagaimana cara rezim memerintah / jalannya pemerintahan, mulai dari kebijakan politik, militer, sosial budaya bahkan ekonomi. Artikel yang pertama akan kita bahas adalah mengenai Apa itu totaliter? Totalitarisme ialah suatu bentuk ideology yang menekankan perlunya pemerintah memiliki kekuasaan yang tak terbatas. Sebuah pemerintahan yang menganut ideology totalitarian akan mengendalikan semua sector kehidupan masyarakat; mulai dari masalah ekonomi, perburuhan, pendidikan, agama, olahraga sampai pada hal-hal yang berkaitan dengan seni. Untuk menghasilkan suatu pelayanan masyarakat yang sempurna, Negara harus didukung oleh tentara yang kuat, pekerja keras dan pejuang yang loyal.


Negara yang menganut ideology totalitarisme memiliki beberapa karakteristik, diantaranya :
  1.  Adanya ideology yang dinyatakan resmi oleh Negara;
  2. Adanya partai politik yang diberlakukan sebagai partai tunggal;
  3. Memiliki system militer yang loyal dan tunduk kepada rezim yang berkuasa, dilengkapi dengan teknologi spionase yang canggih;
  4. Melakukan control yang ketat terhadap media missa;
  5. Menguasai angkatan bersenjata
  6. Mengontrol seluruh aktivtias ekonomi melalui koordinasi birokrasi


Dalam hal kepemimpinan, totalitarian / totaliter biasanya di bawah kepemimpinan tunggal seorang dictator seperti contoh yang pernah ada dan tercatat dalam sejarah diantaranya Adolf Hitler di Jerman, Joseph Stalin di Uni Soviet dan Idi Amin di Uganda. 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon