Monday, November 21, 2016

Pengertian Kapitalisme, Konsep & Teorinya Menurut Para Ahli

Teori Politik - Halo, kali ini kita masih membahas tentang ideologi - ideologi yang ada di berbagai negara, setelah kemarin kita mempelajari totalitarianisme, anarkisme dan liberalisme, pada kesempatan saat ini kita akan belajar tentang apa itu KAPITALISME? Berikut ini uraiannya....

Pengertian Kapitalisme


KAPITALISME sebagai ideologi berkaitan dengan sistem pengelolaan kegiatan ekonomi. Berbeda dengan sosialisme dan komunisme, maka pengelolaan ekonomi menurut aliran kapitalisme memberi kekuasaan kepada pihak swasta tanpa banyak campur tangan pemerintah. 

Di Amerika misalnya, sebagai negara kapitalis, campur tangan pemerintah terhadap urusan ekonomi sangat terbatas, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan kemaslahatan orang banyak, seperti perusahaan jasa transportasi kereta api, penerbangan, stasiun televisi boleh dibilang semuanya sudah ditangani oleh swasta. Ini sejalan dengan pernyataan bahwa "pemerintah yang efektif adalah pemerintah yang tidak banyak memerintah". 

Sementara di Prancis, Ideologi ekonomi yang menganut sistem kapitalisme disebut LAISSEZ FAIRE. Ideologi laissez faire menginginkan adanya kompetisi ekonomi bebas yang mencakup pengaturan hukum dan tatanan yang dapat melindungi hak-hak pribadi serta memperkuat pertahanan negara dalam melawan serangan negara lain. Sistem ini juga menginginkan adanya persaingan bebas antar swasta sehingga semua keputusan yang dibuat ditentukan oleh kekuatan pasar dan hukum ekonomi. 

Baca Juga : 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon