Tuesday, November 10, 2015

Pengertian Kebijakan Publik

Kebijakan Publik merupakan salah satu kajian dalam ilmu politik, dimana kebijakan publik (public policy) dapat dilihat sebagai suatu sistem atau siklus yang memiliki tahapan - tahapan mulai dari perencanaan, implementasi, hingga evaluasi kebijakan. Maka dari itu mari kita pelajari terlebih dahulu mengenai pengertian kebijakan publik (public policy). 

Istilah Kebijakan Publik banyak dikemukakan pengertiannya oleh banyak ahli atau ilmuan sosial yang sudah kita kenal. Kebijakan Publik merupakan terjemahan istilah dari bahasa inggris yakni "public policy" yang artinya kebijaksanaan publik / kebijaksanaan pemerintah / kebijaksanaan negara dan atau kebijakan. (Soetopo, 1999:3). 

Thomas R. Dye mengemukakan bahwa Kebijakan Publik adalah apa pun pilihan pemerintah untuk melakukan ata tidak melakukan sesuatu. Menurut Dye, apabila pemerintah memilih untuk melakukan sesuatu, maka tentunya ada tujuannya, karena kebijakan publik merupakan "tindakan pemerintah". Apabila pemerintah memilih untuk tidak melakukan sesuatu ini pun merupakan kebijakan publik, yang tentu juga memiliki tujuannya. 
Public policy is whatever the government choose to do or not to do
Sementara pendapat lainnya tentang pengertian kebijakan publik dikemukakan oleh James E Anderson, yang melihat kebijakan publik berdasarkan aktor yang terlibat dalam pembuatannya atau "siapa yang membuat" kebijakan publik. Artinya, kebijakan publik dibuat dan dikembangkan oleh badan - badan atau pejabat pemerintah yang berwenang membuatnya (misalkan: DPR atau Presiden). Akan tetapi dalam implementasinya, kebijakan tersebut tidak hanya terikat kepada si pembuat kebijakan akan tetapi melibatkan banyak pihak seperti dinas, organisasi di bawah pemerintah, dan lainnya. 
 Public policy are those policy developed by governmental and officials
Pengertian kebijakan publik lainnya dikemukakan oleh David Easton, yang berpendapat bahwa kebijakan publik merupakan pengalokasian nilai-nilai secara sah kepada seluruh anggota masyarakat. Dalam pengertian tersebut, dapat dilihat bahwa kebijakan publik mengikat seluruh anggota masyarakat dalam pelaksanaannya. 
 Public policy is the authoritative allocation of values for the whole society
Dari beberapa pengertian di atas, terdapat benang merah yang bisa kita simpulkan mengenai pengertian kebijakan publik. Kebijakan publik merupakan tindakan - tindakan yang dilakukan oleh pemerintah, baik untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu yang tentunya memiliki dasar dan tujuan tertentu yang tentunya ditujukan untuk kepentingan masyarakat. 

Penulis : Yoghi Kurniawan Prathama, S.IP.

Daftar Bacaan:
Islamy, M.Irfan. 1989. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta. Bina 
             Aksra.
Soetopo, Drs. 1999. Kebijaksanaan Publik dan Implementasi. Jakarta. Lembaga 
            Administrasi Negara. 

3 comments

wahh.. ini pelajaran ane pas semeseter 1 nih. kebijakan publik, seneng aja belajar nya

ia gan Rahmat Fadhli kalau di ane dulu matkul semester 3an, eh ia btw agan lagi ngambil S2 UGM ya? bisikin dong syarat sama testnya gmana? ane juga lagi planning S2 Ilmu Politik UGM.

Thanks gan, infonya membantu buat yang lagi lagi bingung tentang arti Pengertian Kebijakan Publik :-bd

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon