Friday, February 10, 2017

Pengertian Pemasaran Politik

Pemasaran politik adalah sebuah konsep baru yang belum begitu lama dikenal dalam kegiatan politik. Pemasaran politik merupakan konsep yang diintroduksi dari penyebaran ide-ide sosial di bidang pembangunan dengan meniru cara-cara pemasaran komersial, tetapi orientasinya lebih banyak pada tataran penyadaran, sikap, dan perubahan perilaku untuk menerima hal-hal baru. Cara penyebaran seperti ini dilihat dari konteks dan orientasinya disebut "pemasaran sosial" yang secara substantif tidak jauh berbeda dengan istilah penyuluhan, sosialisasi, dan kampanye. 



Pemasaran sosial berorientasi pada upaya untuk memasyarakatkan ide-ide sosial terutama dalam hal perubahan perilaku masyarakat untuk menerima pembaruan. Oleh sebab itu, politik yang berisi pemikiran pembaharuan seperti demokrasi dan pembentukan suatu sistem pemerintahan yang lebih baik dapat digolongkan sebagai produk sosial yang perlu dimasyarakatkan dan disosialisasikan. 

Dari konteks aktivitas politik, pemasaran politik dimaksudkan adalah proses penyebarluasan informasi tentang kandidat, partai, dan program yang dilakukan oleh aktor-aktor politik melalui saluran - saluran komunikasi tertentu yang ditujukan kepada segmen atau sasaran tertentu dengan tujuan mengubah wawasan, pengetahuan, sikap dan perilaku para calon pemilih sesuai dengan keinginan pemberi informasi. 

Tujuan utama dari pemasaran politik tidak jauh berbeda dari prinsip pemasaran komersial atau bisnis yakni proses perencanaan dan penetapan harga, promosi dan penyebaran ide-ide, barang dan layanan jasa untuk menciptakan pertukaran guna memenuhi kepuasan individu dan tujuan organisasi. Maka dalam pemasaran politik pun dikenal adanya strategi pemasaran politik yakni push marketing, pull marketing, dan pass marketing. 

Baca Juga : 

  1. Pengertian Marketing Politik
  2. Marketing Mix Politik 
  3. Pengertian Marketing Politik menurut Firmanzah

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon