Firmanzah Ph.D salah satu penulis buku yang terkenal dengan kajian Marketing Politik-nya. Marketing politik merupakan salah satu bidang kajian dalam ilmu politik, implementasinya sangat rill diterapkan dalam politik praktis, utamanya dalam kontestasi pemilihan umum.
Postingan kali ini adalah rangkuman intisari atau review point penting dalam buku karya Firmanzah Ph.D yang berjudul "Marketing Politik antara Pemahaman dan Realitas".
Interaksi
politik sgt dipengaruhi oleh sistem nilai menyangkut aturan & etika,
institusi formal dan masyarakat #MarketingPolitik
Demokrasi
kapitalisme. Politik sbg media mengakumulasi kapital atau kapital sbg alat
mendapatkan kekuasaan #MarketingPolitik
Media
punya peran penting dlm mempengaruih opini publik & merubah perilaku
masyarakat #MarketingPolitik
Media
dgn coverage area mjd alat kampanye yg efektif alat komunikasi publik setiap parpol #MarketingPolitik
Betapapun
objektif & independensi media, hrs diingat bhw pengasuh / pemilik media
pasti punya ideologi tertentu #MarketingPolitik
Media
internet tlh merevolusi cara berinteraksi & berpolitik utk berkomunikasi
& membentuk opini publik #MarketingPolitik
Digital
democracy digunakan utk rekrutmen, komunikasi, transfer ide, publikasi, iklan,
pooling politik #MarketingPolitik
Ikatan
antara kontestan politik & konstituen mengalami pergeseran dr ideologis ke
program kerja #MarketingPolitik
Tawaran
solusi dr parpol thdp persoalan bangsa mjd isu krusial khususnya bg pemilih non
partisan #MarketingPolitik
Hadirnya
fenomena golput krn gagalnya parpol memenuhi janji kampanyenya shg masyarakat
apatis #MarketingPolitik
Parpol
hrs mampu membangun hubungan relasional mlht peran strategis masyarakat &
para konstituennya #MarketingPolitik
Pemilih
adl mitra & sumber inspirasi bg parpol dlm mengembangkan program kerja
& isu-isu politik mereka #MarketingPolitik
Hubungan
relasional jk panjang hanya akan trwujud jika parpol konsisten dgn nilai,
ideologi & program kerja #MarketingPolitik
Kepuasan
masyarakat adl dimensi subjektif bkn objektif yg tergantung pd harapan akan
janji di awal dgn realisasi yg dikerjakan #MarketingPolitik
Perspektif
orientasi : internal oriented, market oriented, customer oriented &
competitor oriented #MarketingPolitik
Produk
politik » Intangible, dipilih dlm satu waktu pemilu, brand pemimpin &
partai menyatu, tdk ada harga nominal yg dibayar saat memilih #MarketingPolitik
Konsep
#MarketingPolitik (1) pemilih sbg subjek (2) masalah pemilih sbg program kerja
(3) membangun trust pemilih
Loyalitas
konstituen diraih dgn suatu ikatan emosional, ideologi & rasional melalui
konsistensi gerakan #MarketingPolitik
Loyalitas
tercermin dlm keterlibatan, ikatan & dukungan partisipasi aktif thdp suatu
parpol #MarketingPolitik
Loyalitas
jg yg mendorong keinginan, komitmen & tindakan konstituen utk merekrut
orang lain memilih slh satu parpol #MarketingPolitik
Parpol
hrs lbh byk belajar membuka diri & menempatkan masyarakat serta konstituen
sbg subjek & partner mereka #MarketingPolitik
Parpol
hrs berfungsi sbg agen sosial menjdkan alat kekuasaannya utk menciptakan
masyarakat adil, makmur, sejahtera #MarketingPolitik
Parpol
sbg pelayan publik hrs berorientasi pd perbaikan kondisi sosial masyarakat
& tampil di depan dlm penyelesaian masalah-masalah publik #MarketingPolitik
Parpol
hrs memiliki visi, misi, blueprint serta platform perjuangannya utk bisa tampil
sbg agen pembaharuan #MarketingPolitik
Parpol
adl entitas yg memiliki peran besar dlm menyelesaikan permasalahan bangsa &
negara. Parpol bkn tempat mencari materi krn parpol adl harapan sosial
#MarketingPolitik
Frame
of analysis berupa ideologi, norma, nilai, paham yg dianut suatu parpol akan
memberi perbedaan diantara parpol #MarketingPolitik
Perencanaan
strategis. Sistematika dlm menetapkan strategi kampanye ... #MarketingPolitik
(1)
Menetapkan tujuan kampanye & keterbatasan sumber daya yg dimiliki
#MarketingPolitik
(2)
Melakukan positioning base on keunggulan parpol utk pencitraan publik
#MarketingPolitik
(3)
Research, tows analysis utk tactical plan yg akan dikerjakan #MarketingPolitik
(4)
Menseleksi target masyarakat yg disasar & tujuan aksi. Agar rencana aksi
tepat sasara #MarketingPolitik
(5)
Melakukan pengembangan program utk menguatkan persepsi publik #MarketingPolitik
(6)
Creative strategy, dgn tujuan komunikasi politik bs diterima dgn baik oleh
masyarakat #MarketingPolitik
(7)
Strategi media, daya dukung & daya dorong membentuk opini publik &
pencitraan #MarketingPolitik
(8)
Monitoring kampanye & evaluasi atas perencanaan dan realisasi di lapangan
#MarketingPolitik
Kebebasan
berekspresi mrpn ciri masyarakat saat ini. Mk media internet hrs lbh
diefektifkan guna komunikasi politik #MarketingPolitik
Fenomena
keputusan politik terkait mobilisasi komprehensif faktor sosial, budaya,
geografis, sejarah & psikologis #MarketingPolitik
Reputasi
& kredibilitas parpol dpt menjadi jaminan bg masyarakat dlm hal yg
menyangkut kualitas program kerja #MarketingPolitik
Ideologi
adlh identitas yg menyatukan satu kelompok & mjd pembeda dgn kelompok lain
#MarketingPolitik
Ideologi
mliputi semua sistem, nilai, keyakinan, simbol, mitos, ritual & jargon yg
trdpt dlm suatu struktur sosial masyarakat #MarketingPolitik
Pertimbangan
pemilih dipengaruhi 3 faktor ; kondisi awal pemilih, media massa & parpol
#MarketingPolitik
Tipologi
pemilih cenderung memiliki dua orientasi : policy problem solving &
ideology #MarketingPolitik
Konfigurasi
pemilih base on policy problem solving & ideology ; pemilih kritis,
rasional, tradisional, skeptis #MarketingPolitik
Perspektif
orientasi : internal, market, customer & competitor #MarketingPolitik
Konsep
pesan : (1) pemilih sbg subjek bkn objek, (2) permasalahan pemilih sbg program
kerja, (3) membangun trust pemilih #MarketingPolitik
Riset
pasar politik : (1) eksplorasi - menggali info, (2) deskripsi - memetakan, (3)
sebab-akibat - variabel masalah #MarketingPolitik
Segmentasi
politk : geografi, demografi, psikografi, perilaku, sosial-budaya, sebab-akibat
#MarketingPolitik
Positioning
politik : membangun image, menguatkan diferensiasi, menjaga accountability
#MarketingPolitik
Sepuluh
sikap masyarakat dalam proses membangun reputasi partai politik ...
#MarketingPolitik
(1)
Unaware » "saya tidak pernah mendengar partai politik ..."
#MarketingPolitik
(2)
Confused » "saya rasa saya pernah mendengar mengenai partai politik
..." #MarketingPolitik
(3)
Recognition » "saya pernah mendengar partai politik ..."
#MarketingPolitik
(4)
Recall » "saya ingat partai politik ..." #MarketingPolitik
(5)
Familiarity » "saya sering melihat & mendengar partai politik
..." #MarketingPolitik
(6)
Image » "saya tahu partai politik ..." #MarketingPolitik
(7)
Inclination » "saya akan mengikuti perkembangan partai politik ..."
#MarketingPolitik
(8)
Trial » "buktikan apa kontribusi partai politik ... untuk saya"
#MarketingPolitik
(9)
Dominant » "partai politik ... adalah partai politik pilihan saya"
#MarketingPolitik
(10)
Referral » "saya akan ceritakan kpd orang lain utk memilih partai politik
..." #MarketingPolitik
Marketing
mix politik : product, promotion, price and place #MarketingPolitik
3
kategori product : party platform, past record & personal characteristic
#MarketingPolitik
3
karakteristik produk politik : intangible product, value system, multi
interpretable #MarketingPolitik
3
dimensi produk politik : personal / party / ideology, loyalty, mutability
#MarketingPolitik
Promosi
politik : slogan, jargon, & citra utk mengkomunikasikan ideologi, platform
& program #MarketingPolitik
Harga
dlm #MarketingPolitik mencakup harga ekonomi, psikologis sampai image nasional
Tempat
dlm #MarketingPolitik berkaitan dgn sistem distribusi dlm berkomunikasi lgsg
dgn pemilih
Segmentasi
#MarketingPolitik » identifikasi dasar segmentasi pemilih & menyusun profil
hasil segmentasi politik
Targetisasi
#MarketingPolitik » menyusun kriteria pemilihan segment pemilih & memilih
target segment pemilih
Positioning
#MarketingPolitik » menyusun strategi positioning & menyusun marketing mix di setiap
segment politik
Model
positioning #MarketingPolitik : riset pasar & isu politik, riset oposisi
& lawan politik, penyusunan kebijakan, diseminasi pesan politik
3
Strategi #MarketingPolitik : Push Marketing - Pass Marketing - Pull Marketing
Push
marketing » parpol memberikan stimulan kpd pemilih utk mendptkan dukungan
#MarketingPolitik
Pass
marketing » parpol menggunakan influencer individu / kelompok yg dpt
mempengaruhi opini pemilih #MarketingPolitik
Pull
marketing » membentuk image politik yg positif utk mempengaruhi pemilih
#MarketingPolitik
Lima
jenis trade-off dlm mengembangkan strategi #MarketingPolitik
(1)
Apakah parpol akan memaksimalkan pemilih atau kebijakan #MarketingPolitik
(2)
Apakah parpol lbh mempertahankan pemilih inti atau pemilih non partisan
#MarketingPolitik
(3)
Apakah parpol lbh memperjuangkan ideologi partai atau mengikuti selera
keinginan pemilih #MarketingPolitik
(4)
Apakah parpol lbh menekankan pd leader atau konstituen dlm tubuh partai
#MarketingPolitik
(5)
Apakah organisasi parpol diposisikan lbh sbg instrumen mekanis atau simbolis
dlm kampanye pemilu #MarketingPolitik
Strategi
mobilizing menekankan pd policy : reaktif, defensif, proteksi, internal
orientasi, memperkuat #MarketingPolitik
Strategi
chasing memaksimalkan pemilih : proaktif, R&D, merebut, eksternal
orientasi, menarik #MarketingPolitik
Image
politik adlh masalah persepsi, identifikasi & pelekatan secara rasional /
emosional #MarketingPolitik
#MarketingPolitik
adlh serangkaian aktivitas utk menanamkan image politik di benak masyarakat
& meyakinkan publik
Membangun
image politik : bth waktu lama, konsistensi kerja, persepsi opini publik,
memori kolektif masyarakat #MarketingPolitik
Membangun
image politik hrs dgn pendekatan kognitif (domain rasional) & afektif
(dimensi emosional) #MarketingPolitik
Konstruksi
image politik : aksi sadar + tdk sadar - komunikasi politik - pembelajaran
& identifikasi sosial - image terekam #MarketingPolitik
Merubah
image politik : penanaman citra baru ke publik, menggunakan media sg agen
distribusi komunikasi, merubah perilaku lama #MarketingPolitik
3
strategi memperbaiki image politik : reframing, recalibrating, refocussing
#MarketingPolitik
(1)
Reframing » transformasi makna & pemahaman mengenai negatif image
#MarketingPolitik
Reframing
Infusing » menambal stigma negatif image & melekatkan dgn hal-hal yg
bersifat positif #MarketingPolitik
Reframing
Neutralizing » menolak keterlibatan & tanggung jawab atas negatif image yg
terjadi #MarketingPolitik
(2)
Recalibrating » membatasi &
melokalisasi brdsrkn standar magnitude (besar) & valence (bagus)
pengaruh negatif image #MarketingPolitik
(3)
Refocussing » mengalihkan perhatian publik dgn isu baru utk menutupi negatif
image #MarketingPolitik
Memproteksi
image politik : konsistensi gerakan, rasionalisasi pencitraan, idealisasi
imajinasi publik #MarketingPolitik
Komunikasi
politik bertujuan : conformist (pemahaman publik), mengurangi noise (gangguan)
& idiosyncratic (pemaknaan yg berbeda) #MarketingPolitik
Redefinisi
kampanye politik : short term menjelang pemilu & long term permanen
berkelanjutan #MarketingPolitik
Redefinisi
kampanye politik berarti interaksi politik yg hrs intens, komunikasi politik
dua arah, fokus pemilih sbg subjek bkn hanya objek parpol #MarketingPolitik
Kampanye
politik akan memiliki dampak loyalitas tinggi dibandingkan hanya kampanye
pemilu #MarketingPolitik
Orientasi
inward & outward looking dibutuhkan parpol utk kepedulian trhdp isu sosial
di masyarakat #MarketingPolitik
Inward
looking » prioritas kepentingan & tujuan partai yg dikemas dgn komunikasi
program kerja ke publik #MarketingPolitik
Outward
looking » paradigma sbg pelayan publik, stabilitas internal, ideologi partai yg
kuat utk lbh dekat dgn publik #MarketingPolitik
Agenda
nasional partai : inovasi program, orientasi solusi, konsisten, interaksi
publik, realitas sosial politik, politik rakyat, peran politisi
#MarketingPolitik
Demokrasi
» equality - social base - trias politica - law enforcement - law of game - civil
society #MarketingPolitik
Masyarakat
kritis : marketing politik - edukasi politik - kesadaran politik - keterlibatan
politik #MarketingPolitik
Negative
effect : komersialisasi politik, manipulasi opini publik, fokus pd kampanye bkn
pd demokrasi, konflik sosial politik #MarketingPolitik
#MarketingPolitik
merupakan tools untuk mengkomunikasikan ideologi & program kerja parpol agar
dipahami & didukung oleh publik
Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon