Sunday, March 20, 2016

Marketing Politik Firmanzah

Firmanzah Ph.D salah satu penulis buku yang terkenal dengan kajian Marketing Politik-nya. Marketing politik merupakan salah satu bidang kajian dalam ilmu politik, implementasinya sangat rill diterapkan dalam politik praktis, utamanya dalam kontestasi pemilihan umum. 

Postingan kali ini adalah rangkuman intisari atau review point penting dalam buku karya Firmanzah Ph.D yang berjudul "Marketing Politik antara Pemahaman dan Realitas". 

Interaksi politik sgt dipengaruhi oleh sistem nilai menyangkut aturan & etika, institusi formal dan masyarakat #MarketingPolitik

Demokrasi kapitalisme. Politik sbg media mengakumulasi kapital atau kapital sbg alat mendapatkan kekuasaan #MarketingPolitik

Media punya peran penting dlm mempengaruih opini publik & merubah perilaku masyarakat #MarketingPolitik

Media dgn coverage area mjd alat kampanye yg efektif alat komunikasi publik  setiap parpol #MarketingPolitik

Betapapun objektif & independensi media, hrs diingat bhw pengasuh / pemilik media pasti punya ideologi tertentu #MarketingPolitik

Media internet tlh merevolusi cara berinteraksi & berpolitik utk berkomunikasi & membentuk opini publik #MarketingPolitik

Digital democracy digunakan utk rekrutmen, komunikasi, transfer ide, publikasi, iklan, pooling politik #MarketingPolitik

Ikatan antara kontestan politik & konstituen mengalami pergeseran dr ideologis ke program kerja #MarketingPolitik

Tawaran solusi dr parpol thdp persoalan bangsa mjd isu krusial khususnya bg pemilih non partisan #MarketingPolitik

Hadirnya fenomena golput krn gagalnya parpol memenuhi janji kampanyenya shg masyarakat apatis #MarketingPolitik

Parpol hrs mampu membangun hubungan relasional mlht peran strategis masyarakat & para konstituennya #MarketingPolitik

Pemilih adl mitra & sumber inspirasi bg parpol dlm mengembangkan program kerja & isu-isu politik mereka #MarketingPolitik

Hubungan relasional jk panjang hanya akan trwujud jika parpol konsisten dgn nilai, ideologi & program kerja #MarketingPolitik

Kepuasan masyarakat adl dimensi subjektif bkn objektif yg tergantung pd harapan akan janji di awal dgn realisasi yg dikerjakan #MarketingPolitik

Perspektif orientasi : internal oriented, market oriented, customer oriented & competitor oriented #MarketingPolitik

Produk politik » Intangible, dipilih dlm satu waktu pemilu, brand pemimpin & partai menyatu, tdk ada harga nominal yg dibayar saat memilih #MarketingPolitik

Konsep #MarketingPolitik (1) pemilih sbg subjek (2) masalah pemilih sbg program kerja (3) membangun trust pemilih

Loyalitas konstituen diraih dgn suatu ikatan emosional, ideologi & rasional melalui konsistensi gerakan #MarketingPolitik

Loyalitas tercermin dlm keterlibatan, ikatan & dukungan partisipasi aktif thdp suatu parpol #MarketingPolitik

Loyalitas jg yg mendorong keinginan, komitmen & tindakan konstituen utk merekrut orang lain memilih slh satu parpol #MarketingPolitik

Parpol hrs lbh byk belajar membuka diri & menempatkan masyarakat serta konstituen sbg subjek & partner mereka #MarketingPolitik

Parpol hrs berfungsi sbg agen sosial menjdkan alat kekuasaannya utk menciptakan masyarakat adil, makmur, sejahtera #MarketingPolitik

Parpol sbg pelayan publik hrs berorientasi pd perbaikan kondisi sosial masyarakat & tampil di depan dlm penyelesaian masalah-masalah publik #MarketingPolitik

Parpol hrs memiliki visi, misi, blueprint serta platform perjuangannya utk bisa tampil sbg agen pembaharuan #MarketingPolitik

Parpol adl entitas yg memiliki peran besar dlm menyelesaikan permasalahan bangsa & negara. Parpol bkn tempat mencari materi krn parpol adl harapan sosial #MarketingPolitik

Frame of analysis berupa ideologi, norma, nilai, paham yg dianut suatu parpol akan memberi perbedaan diantara parpol #MarketingPolitik

Perencanaan strategis. Sistematika dlm menetapkan strategi kampanye ... #MarketingPolitik

(1) Menetapkan tujuan kampanye & keterbatasan sumber daya yg dimiliki #MarketingPolitik

(2) Melakukan positioning base on keunggulan parpol utk pencitraan publik #MarketingPolitik

(3) Research, tows analysis utk tactical plan yg akan dikerjakan #MarketingPolitik

(4) Menseleksi target masyarakat yg disasar & tujuan aksi. Agar rencana aksi tepat sasara #MarketingPolitik

(5) Melakukan pengembangan program utk menguatkan persepsi publik #MarketingPolitik

(6) Creative strategy, dgn tujuan komunikasi politik bs diterima dgn baik oleh masyarakat #MarketingPolitik

(7) Strategi media, daya dukung & daya dorong membentuk opini publik & pencitraan #MarketingPolitik

(8) Monitoring kampanye & evaluasi atas perencanaan dan realisasi di lapangan #MarketingPolitik

Kebebasan berekspresi mrpn ciri masyarakat saat ini. Mk media internet hrs lbh diefektifkan guna komunikasi politik #MarketingPolitik

Fenomena keputusan politik terkait mobilisasi komprehensif faktor sosial, budaya, geografis, sejarah & psikologis #MarketingPolitik

Reputasi & kredibilitas parpol dpt menjadi jaminan bg masyarakat dlm hal yg menyangkut kualitas program kerja #MarketingPolitik

Ideologi adlh identitas yg menyatukan satu kelompok & mjd pembeda dgn kelompok lain #MarketingPolitik

Ideologi mliputi semua sistem, nilai, keyakinan, simbol, mitos, ritual & jargon yg trdpt dlm suatu struktur sosial masyarakat #MarketingPolitik

Pertimbangan pemilih dipengaruhi 3 faktor ; kondisi awal pemilih, media massa & parpol #MarketingPolitik

Tipologi pemilih cenderung memiliki dua orientasi : policy problem solving & ideology #MarketingPolitik

Konfigurasi pemilih base on policy problem solving & ideology ; pemilih kritis, rasional, tradisional, skeptis #MarketingPolitik

Perspektif orientasi : internal, market, customer & competitor #MarketingPolitik

Konsep pesan : (1) pemilih sbg subjek bkn objek, (2) permasalahan pemilih sbg program kerja, (3) membangun trust pemilih #MarketingPolitik

Riset pasar politik : (1) eksplorasi - menggali info, (2) deskripsi - memetakan, (3) sebab-akibat - variabel masalah #MarketingPolitik

Segmentasi politk : geografi, demografi, psikografi, perilaku, sosial-budaya, sebab-akibat #MarketingPolitik

Positioning politik : membangun image, menguatkan diferensiasi, menjaga accountability #MarketingPolitik

Sepuluh sikap masyarakat dalam proses membangun reputasi partai politik ... #MarketingPolitik

(1) Unaware » "saya tidak pernah mendengar partai politik ..." #MarketingPolitik

(2) Confused » "saya rasa saya pernah mendengar mengenai partai politik ..." #MarketingPolitik

(3) Recognition » "saya pernah mendengar partai politik ..." #MarketingPolitik

(4) Recall » "saya ingat partai politik ..." #MarketingPolitik

(5) Familiarity » "saya sering melihat & mendengar partai politik ..." #MarketingPolitik

(6) Image » "saya tahu partai politik ..." #MarketingPolitik

(7) Inclination » "saya akan mengikuti perkembangan partai politik ..." #MarketingPolitik

(8) Trial » "buktikan apa kontribusi partai politik ... untuk saya" #MarketingPolitik

(9) Dominant » "partai politik ... adalah partai politik pilihan saya" #MarketingPolitik

(10) Referral » "saya akan ceritakan kpd orang lain utk memilih partai politik ..." #MarketingPolitik

Marketing mix politik : product, promotion, price and place #MarketingPolitik

3 kategori product : party platform, past record & personal characteristic #MarketingPolitik

3 karakteristik produk politik : intangible product, value system, multi interpretable #MarketingPolitik

3 dimensi produk politik : personal / party / ideology, loyalty, mutability #MarketingPolitik

Promosi politik : slogan, jargon, & citra utk mengkomunikasikan ideologi, platform & program #MarketingPolitik

Harga dlm #MarketingPolitik mencakup harga ekonomi, psikologis sampai image nasional

Tempat dlm #MarketingPolitik berkaitan dgn sistem distribusi dlm berkomunikasi lgsg dgn pemilih

Segmentasi #MarketingPolitik » identifikasi dasar segmentasi pemilih & menyusun profil hasil segmentasi politik

Targetisasi #MarketingPolitik » menyusun kriteria pemilihan segment pemilih & memilih target segment pemilih

Positioning #MarketingPolitik » menyusun strategi positioning  & menyusun marketing mix di setiap segment politik

Model positioning #MarketingPolitik : riset pasar & isu politik, riset oposisi & lawan politik, penyusunan kebijakan, diseminasi pesan politik

3 Strategi #MarketingPolitik : Push Marketing - Pass Marketing - Pull Marketing

Push marketing » parpol memberikan stimulan kpd pemilih utk mendptkan dukungan #MarketingPolitik

Pass marketing » parpol menggunakan influencer individu / kelompok yg dpt mempengaruhi opini pemilih #MarketingPolitik

Pull marketing » membentuk image politik yg positif utk mempengaruhi pemilih #MarketingPolitik

Lima jenis trade-off dlm mengembangkan strategi #MarketingPolitik

(1) Apakah parpol akan memaksimalkan pemilih atau kebijakan #MarketingPolitik

(2) Apakah parpol lbh mempertahankan pemilih inti atau pemilih non partisan #MarketingPolitik

(3) Apakah parpol lbh memperjuangkan ideologi partai atau mengikuti selera keinginan pemilih #MarketingPolitik

(4) Apakah parpol lbh menekankan pd leader atau konstituen dlm tubuh partai #MarketingPolitik

(5) Apakah organisasi parpol diposisikan lbh sbg instrumen mekanis atau simbolis dlm kampanye pemilu #MarketingPolitik

Strategi mobilizing menekankan pd policy : reaktif, defensif, proteksi, internal orientasi, memperkuat #MarketingPolitik

Strategi chasing memaksimalkan pemilih : proaktif, R&D, merebut, eksternal orientasi, menarik #MarketingPolitik

Image politik adlh masalah persepsi, identifikasi & pelekatan secara rasional / emosional #MarketingPolitik

#MarketingPolitik adlh serangkaian aktivitas utk menanamkan image politik di benak masyarakat & meyakinkan publik

Membangun image politik : bth waktu lama, konsistensi kerja, persepsi opini publik, memori kolektif masyarakat #MarketingPolitik

Membangun image politik hrs dgn pendekatan kognitif (domain rasional) & afektif (dimensi emosional) #MarketingPolitik

Konstruksi image politik : aksi sadar + tdk sadar - komunikasi politik - pembelajaran & identifikasi sosial - image terekam #MarketingPolitik

Merubah image politik : penanaman citra baru ke publik, menggunakan media sg agen distribusi komunikasi, merubah perilaku lama #MarketingPolitik

3 strategi memperbaiki image politik : reframing, recalibrating, refocussing #MarketingPolitik

(1) Reframing » transformasi makna & pemahaman mengenai negatif image #MarketingPolitik

Reframing Infusing » menambal stigma negatif image & melekatkan dgn hal-hal yg bersifat positif #MarketingPolitik

Reframing Neutralizing » menolak keterlibatan & tanggung jawab atas negatif image yg terjadi #MarketingPolitik

(2) Recalibrating » membatasi &  melokalisasi brdsrkn standar magnitude (besar) & valence (bagus) pengaruh negatif image #MarketingPolitik

(3) Refocussing » mengalihkan perhatian publik dgn isu baru utk menutupi negatif image #MarketingPolitik

Memproteksi image politik : konsistensi gerakan, rasionalisasi pencitraan, idealisasi imajinasi publik #MarketingPolitik

Komunikasi politik bertujuan : conformist (pemahaman publik), mengurangi noise (gangguan) & idiosyncratic (pemaknaan yg berbeda) #MarketingPolitik

Redefinisi kampanye politik : short term menjelang pemilu & long term permanen berkelanjutan #MarketingPolitik

Redefinisi kampanye politik berarti interaksi politik yg hrs intens, komunikasi politik dua arah, fokus pemilih sbg subjek bkn hanya objek parpol #MarketingPolitik

Kampanye politik akan memiliki dampak loyalitas tinggi dibandingkan hanya kampanye pemilu #MarketingPolitik

Orientasi inward & outward looking dibutuhkan parpol utk kepedulian trhdp isu sosial di masyarakat #MarketingPolitik

Inward looking » prioritas kepentingan & tujuan partai yg dikemas dgn komunikasi program kerja ke publik #MarketingPolitik

Outward looking » paradigma sbg pelayan publik, stabilitas internal, ideologi partai yg kuat utk lbh dekat dgn publik #MarketingPolitik

Agenda nasional partai : inovasi program, orientasi solusi, konsisten, interaksi publik, realitas sosial politik, politik rakyat, peran politisi #MarketingPolitik

Demokrasi » equality - social base - trias politica - law enforcement - law of game - civil society #MarketingPolitik

Masyarakat kritis : marketing politik - edukasi politik - kesadaran politik - keterlibatan politik #MarketingPolitik

Negative effect : komersialisasi politik, manipulasi opini publik, fokus pd kampanye bkn pd demokrasi, konflik sosial politik #MarketingPolitik

#MarketingPolitik merupakan tools untuk mengkomunikasikan ideologi & program kerja parpol agar dipahami & didukung oleh publik


Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon