Saturday, December 17, 2016

Pengertian Politik Apartheid dan Contohnya

Masih berbicara mengenai konflik, kali ini kita akan membahas tema konflik berkitan dengan isu RAS. Dalam kajian ilmu politik dikenal satu istilah yakni Politik Apartheid. Apa itu? Berikut ini kita akan ulas mengenai Pengertian Politik Apartheid dan Contohnya….

Politik Apartheid adalah politik yang membedakan derajad manusia berdasarkan warna kulit. Dalam hal ini, orang berkulit putih lebih superior dibandingkan dengan orang berkulit hitam. Orang-orang berkulit putih menganggap orang kulit hitam hina, patut untuk diasingkan. Politik diskriminasi rasial ini merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia yang dilakukan oleh orang-orang yang membuat hak asasi tersebut, yakni bangsa Barat. Bangsa Eropa memandang rendah terhadap bangsa kulit hitam dan merasa sebagai bangsa paling terhormat.

Masalah rasial ini paling terkemuka adalah masalah politik Apartheid di Afrika Selatan. Politik Apartheid di Afrika Selatan dicetukan oleh Francois Malanpada tahun 1948, Francois Malan mengeluarkan Undang-undang Apartheid atau Undang-undang pengembangan ras terpisah. Apartheid merupakan campuran antara praktek colonial, superioritas ras kulit putih, teologi Calvin. Kontak antar ras harus dibatasi dengan alasan untuk menjaga kemurnian suatu ras

Bagaimana sudah memahami apa itu Politik Apartheid? Nah berikut ini kami sampaikan juga beberapa Contoh Kasus Politik Apartheid yang pernah terjadi di dunia, diantaranya :
  1. Pembantaian bangsa Armenia oleh beberapa kelompok Turki pada akhir Perang Dunia I
  2. Pembantaian orang Yahudi oleh Gipsi (Sinti dan Roma) dan suku bangsa Slavia oleh kaum Nazi Jerman pada Perang Dunia II
  3. Pembantaian suku bangsa Jerman di Eropa Timur pada akhir Perang Dunia II oleh suku-suku bangsa Ceko, Polandia, dan Uni Soviet di sebelah timur garis perbatasan Oder-Neisse
  4. Pembantaian lebih dari dua juta jiwa rakyat oleh rezim Khmer Merah pada akhir tahun 1970-an
  5. Pembantaian bangsa Kurdi oleh rezim Saddam Hussein Irak pada tahun 1980-an
  6. Pembantaian rakyat Irak oleh Amerika
  7. Pembantaian rakyat Afghanistan oleh Amerika
  8. Pembantaian rakyat Palestina oleh Amerika
  9. Pembantaian rakyat Suriah oleh pemerintah Bashar Al Assad
  10. Pembantaian muslim Uighur oleh China
  11. Pembantaian muslim Rohingya oleh umat Budha di Myanmar

Itulah bahasan kita kali ini tentang Pengertian Politik Apartheid dan Contohnya. Dari kajian di atas, kita bisa memahami bahwa diskriminasi rasial baik berdasarkan agama maupun suku sangatlah berbahaya karena akan memicu konflik di tengah – tengah masyarakat. 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon