Thursday, December 29, 2016

Pengertian dan Definisi Return Investasi

Return (tingkat pengembalian saham) menurut Jogiyanto (2008:195) merupakan hasil yang diperoleh dari investasi. Return dapat berupa return realisasi yang sudah terjadi atau return ekspektasi yang belum terjadi tetapi yang diharapkan akan terjadi di masa mendatang.

Return merupakan representasi dari tingkat keuntungan dalam sebuah manajemen investasi. Return merupakan kompensasi atas biaya kesempatan (opportunity cost) dan resiko penurunan daya beli akibat dari pengaruh inflasi. Return dalam kontek manajemen investasi dibedakan antara return yang diharapkan (expected return) dan return yang terjadi (realized return). Return yang diharapkan merupakan tingkat return yang diantisipasi investor pada masa yang akan datang, dan return yang telah terjadi merupakan tingkat return yang telah diperoleh investor pada masa lalu. Perbedaan tingkat return yang diharapkan dengan tingkat return yang benar – benar diterima merupakan resiko yang harus selalu dipertimbangkan dalam proses investasi.

Pengertian lain Return realisasi adalah merupakan return yang sudah terjadi yang dihitung berdasarkan data historis. Return realisasi ini sangat penting didalam mengukur kinerja perusahaan dan sebagai dasar penentuan return dan resiko dimasa mendatang. Sedangkan Return ekspektasi adalah return yang diharapkan dimasa mendatang dan bersifat tidak pasti. Didalam melakukan investasi investor dihadapkan kepada ketidakpastian (uncertainty) antara return yang akan diperoleh dengan resiko yang akan dihadapinya. Semakin besar return yang diharapkan akan dari investasi , semakin besar pula resiko nya, sehingga dikatakan bahwa return ekspektasi  memiliki hubungan positif dengan resiko. Resiko yang lebih tinggi biasanya dikorelasikan dengan peluang untuk mendapatkan return yang lebih tinggi (high risk high return, low risk low return). Akan tetapi return yang tinggi tidak selalu harus disertai dengan investasi yang beresiko. Hal ini bisa saja terjadi pada pasar yang tidak rasional.

Return yang diterima investor dipasar modal dibedakan menjadi dua jenis :

Current Income ( pendapatan lancar )
Adalah keuntungan yang didapat melalui pembayaran yang bersifat periodik seperti dividen. Keuntungan ini biasanya dalam bentuk kas atau setara kas sehingga dapat diuangkan secara cepat. Misalnya dividen pasar yang dibayarkan dalam bentuk saham, bisa dikonversi menjadi uang kas dengan cara menjual saham yang diterima.

Capital Gain / Loss

Merupakan selisih laba (rugi) yang dialami oleh pemegang saham karena harga saham sekarang relatif lebih tinggi (rendah) dibandingkan harga saham sebelumnya. Jika harga sekarang (Pt) lebih tinggi dari harga sebelumnya (Pt-1) maka pemegang saham mengalami capital gain. Jika terjadi sebaliknya maka pemegang saham mengalami capital loss.

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon